Kamis, 25 April 2019

"Urang Sumando" di Minangkabau


Dalam Minangkabau, ada 4 jenis sumando, di antaranya yaitu :
1.      Sumando Kacang Miang
Sumando jenis ini merupakan sumando yang suka membuat kekacauan, baik di dalam keluarga istrinya maupun di dalam lingkungan kampung istrinya. Sumando jenis ini akan menjadi momok dan dibenci di lingkungan keluarga maupun kampung istrinya. Ia akan menjadi aib bagi keluarga istrinya.

2.      Sumando Lapiak Buruak
Ini merupakan sumando pemalas. Ia malas mencari nafkah, kerjanya hanya duduk-duduk di warung menghabiskan waktu untuk hal yang sia-sia. Ibarat “lapiak buruak”, ia tidak terpakai di dalam keluarga istrinya dan hanya menjadi aib serta beban.

3.      Sumando Langau Hijau
Ibarat langau hijau yang terbang hanya untuk bertelur, sumando jenis ini kerjanya hanya memperbanyak anak. Ia tak punya prinsip dalam hidupnya, bahkan jika ada peluang menambah istri, hal itulah yang akan dia kejar. Dalam beberapa kasus bahkan sumando jenis ini tega meninggalkan istrinya yang sedang hamil untuk mengejar wanita lain.

4.      Sumando Niniak Mamak
Di antara seluruh jenis sumando, maka jadilah sumando jenis ini. Inilah sumando idaman dimana dia pandai menempatkan diri dan tau posisinya sebagai seorang Sumando. Ia tau perannya terhadap keluarganya, tau kewajiban kepada istrinya dan tau batas-batas dalam keluarga istrinya. Dia bisa diajak berdiskusi.


Referensi : Buku “Tau jo Nan Ampek – Pengetahuan yang Empat menurut Ajaran dan Budaya Alam Minangkabau” (Karangan: M. Sayuti Dt. Rajo Penghulu).

Sumber : infosumbar

Catatan : Sumando adalah peran seorang suami bagi istri, menantu laki-laki bagi mertuanya, dan sebagainya; yang memiliki peran dalam lingkungan keluarga istri (bagi suaminya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar